Hacker Indonesia turut perjuangkan nasib tari Tor-tor


Permasalahan antara Indonesia dengan Malaysia seakan tidak pernah berhenti. Banyak kasus yang menyebabkan suasana dua negara bertetangga ini menjadi panas. Contoh yang paling baru adalah tari Tor-Tor. Malaysia mengklaim sebelumnya bahwa tari Tor-Tor adalah asli Malaysia dan setelah mendapatkan banyak kritik sekaligus 'serangan' negatif dari masyarakat Indonesia, pihak Malaysia akhirnya membuat klarifikasi bahwa tari Tor-Tor asli milik Indonesia.

Namun, permasalahan tidak berhenti di situ saja. Mungkin dikarenakan akumulasi dari permasalahan-permasalahan sebelumnya yang berujung pada kesepakatan damai saja dan menurut kebanyakan para peretas Indonesia kesepakatan tersebut malah merugikan Indonesia, maka serangan melalui dunia maya mulai digerakkan.

Situs-situs Malaysia tersebut antara lain 1gold.com.my, Advancefood.com.my, Bersatu.my, Esurge.net.my, Gethosted.com.my, Herbsnfood.com.my, Fattymok.com.my, Huihuanggroups.com.my, Lightness.com.my, Sedo.com.my, Studyinmalaysia.com.my, dan masih banyak lagi lainnya. Uniknya, walaupun menggunakan signature untuk menandai peretasan tersebut dilakukan oleh siapa, semua situs yang berhasil diretas menggunakan hashtag Twitter yang sama yaitu #TorTorOps.

Sampai sekarang belum diketahui motif asli dari serangan ini. Apa hanya untuk memprotes tindakan Malaysia melalui dunia maya atau hal lainnya, masih belum terdapat informasi secara detail.



Sumber: merdeka | Berita Terbaru